Manfaat Keju Bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Kecerdasan

3
Ilustrasi Keju. (Foto: TimesofIndia)

Katakota.com, -HINGGA kini makanan berlapis keju menjadi favorit bagi banyak orang. Meskipun tak sedikit yang enggan memakannya karena takut mengalami kenaikan berat badan. Tapi lebih dari itu, sebenarnya keju membawa banyak manfaat kesehatan.

Namun manfaat itu baru bisa didapat bila yang dimakan hanyalah keju. Sebuah penelitian mengungkapkan bila keju dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Melansir Telegraph, Senin (18/6/2018), berikut manfaat lain dari keju:

Mencegah kanker hati

Sebuah penelitian dari Texas A & M University menyatakan keju memiliki potensi meningkatkan harapan hidup hingga 25% karena kandungan senyawa spermidine. Kandungan tersebut dapat mencegah fibrosis hati dan karsinoma hepatoseluler.

Meningkatkan sistem kekebalan

Sebuah penelitian dari University of Turku, Finlandia menemukan fakta bahwa makan sepotong keju setiap hari memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh orang tua. Keju memiliki probiotik yang mampu mencegah kerusakan sistem kekebalan tubuh yang berkaitan dengan usia. Asupan bakteri probiotik diyakini dapat meningkatkan respon imun.

Memperpanjang usia

Penelitian dari Aarhus University, Denmark menyatakan ada hubungan antara konsumsi keju dengan kehidupan yang panjang dan sehat. Keju dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular. Peneliti menyatakan orang yang rutin mengonsumsi keju memiliki asam butirat yang tinggi. Senyawa tersebut berkaitan dengan penurunan obesitas dan metabolisme yang lebih tinggi.

Mencegah kerusakan gigi

Penelitian dari Academy of General Dentistry, Amerika menyatakan keju membuat mulut lebih basa dan menciptakan film pelindung di sekitar gigi. Semakin tinggi tingkat pH di gigi (di atas 5,5) semakin rendah kemungkinan mengembangkan gigi berlubang.

Membantu menurunkan berat badan

Dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli di Curtin University of Technology, Australia terungkap bahwa diet yang penuh dengan produk susu seperti keju dapat membantu orang yang kelebihan berat badan menurunkan berat badan.

Orang-orang yang rutin mengonsumsi keju terbukti memiliki tekanan darah yang lebih rendah, lebih sedikit lemak perut, serta penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Meningkatkan kecerdasan

Dari penelitian yang dilakukan ahli dari Amerika dan Australia terungkap jika orang-orang yang secara teratur mengonsumsi produk susu termasuk keju, susu, dan yoghurt, memiliki skor penilaian lebih baik pada tes kemampuan mental. Mereka juga unggul dalam tes kognitif meliputi visual-spasial, verbal, dan memori kerja.

Sumber : Okezone.com

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.