Membuat Seni Janur Kuning dan Filosofinya

449
Warga poris jaya dalam seni membuat janur kuning,(ccp/Katakota.com)

Katakota.com, -Janur kuning kerap kali dipasang dalam setiap kultur prosesi pernikahan, tentunya pemasangan janur tersebut bukanlah pemanis belaka, melainkan memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Pada umumnya pesta adat baik itu pernikahan dan sunatan di Jawa dan Bali menggunakan janur kuning ini sebagai tanda bahwa tempat itu sedang melakukan hajatan, dan janur kuning ini juga mempermudah seseorang menemukan tempat hajatan dilaksanakan.

Warga poris jaya dalam seni membuat janur kuning,(ccp/Katakota.com)

Lantas seperti apakah makna filosofinya?

Kebudayaan masyarakat Jawa pada umumnya menyimbolkan keberkahan dengan menggunakan benda-benda. Pemasangan janur kuning itu memiliki arti membawa sebuah makna dan harapan.

Janur kuning misalnya mengandung harapan agar saat prosesi kedua mempelai nampak bersinar. Janur berasal dari kata nur yang berarti cahaya. Nur Illahi. Harapannya agar saat disandingkan si pengantin wanita tampak bersinar

Sementara kata kuning menurut beberapa literatur menyebut bermakna sabda dadi, berharap semua perkataan bakal terwujud (kun fayakun-Nya Allah SWT) yang dihasilkan dari hati atau jiwa yang bening.

Dengan demikian, janur kuning mengisyaratkan cita-cita mulia dan tinggi untuk menggapai cahaya Ilahi dengan dibarengi hati yang bening. Begitu tinggi dan dalam filosofi janur kuning dalam prosesi pernikahan adat jawa.

Warga poris jaya dalam seni membuat janur kuning,(ccp/Katakota.com)

Kelurahan Poris Jaya, Kecamatan Batuceper memang menyimpan potensi warganya yang kreatif. Salah satunya seperti di RT 02/01 Kelurahan Poris Jaya.

Sembari ngopi Pria yang enggan disebutkan namanya ini sering membuat janur tersebut ketika ada pesanan, untuk pemesanan sesuai pemesan mau seperti apah dan kami mengikuti sesuai pesanan tersebut,”ucapnya saat ditemui katakota malam sedang membuat janur.

Warga poris jaya dalam seni membuat janur kuning,(ccp/Katakota.com)

Saat ini, proses untuk membuat janur ukuran sedang memakan waktu sekitar 5jam jika dikerjakan dengan sendirian, dan jika dikerjakan dengan bersama teman pasti akan cepat selesai dan tidak memakan waktu banyak. Tidak hanya seni di janur saja loh, dia pun punya keahlian seni lainnya melainkan seni mengecat airbrush, seni mengukir di buah buahan, dan seni membuat huruf timbul dari bahan stailess dan kuningan. Pria yang sehari harinya ini aktif di karang taruna poris jaya, jika tidak ada kesibukan dan orderan pria ini menghabiskan waktunya dikarang taruna poris jaya.

Warga poris jaya dalam seni membuat janur kuning,(ccp/Katakota.com)

Kecamatan Batuceper kelurahan poris jaya memang cukup banyak menyimpan potensi warganya yang berbakat dalam seni. Termasuk warga RT 02/01 yang berbatasan antara dua Kelurahan Poris Jaya dan Poris Gaga itu. Pria ini mengatakan Jika ada orderan yang datang bisa langsung temui di karang taruna poris jaya.”Ucapnya. (Ccp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.