Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Siapkan Generasi Pancasilais

4

Tangerang — Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis diresmikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di bawah patung Bung Karno.

Ananta Wahana pengasuh padepokan kebangsaan Karang Tumaritis menjelaskan lokasi padepokan yang berada di kampung Babakan RT 06/01, Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang itu awalnya kebun bambu yang penuh ular. Namun oleh para pegiat sosial diubah menjadi tempat kreativitas dan kegiatan sosial seni budaya, politi serta pendidikan alternatif.

“Disini juga mendidik para anak imigran Turki, Irak, Afghanistan dan Vietnam untuk memfasilitasi pendidikan termasuk juga anak-anak sekitar yang ingin menimba ilmu,”ujar Ananta, Selasa (20/4).

Berdiri sejak 10 tahun silam dan ditata kembali sejak 10 April 2021 kini padepokan Karang Tumaritis tampil lebih apik. Ananta mengungkapkan, nama padepokan terinspirasi oleh sosok Semar Bodroyono dalam kisah pewayangan Semar yang merupakan sosok wong cilik yang sederhana dan tidak neko-neko.

“Kami harapkan padepokan dapat berkontribusi mencetak kader nasionalis pancasilais bagi generasi anak bangsa untuk negeri Indonesia,”imbuhnya.

Sementara itu, Hasto Kristiyanto menuturkan bahwa generasi muda harus melihat masa Pandemi bukan sebagai musibah, tetapi sebagai panggilan sejarah untuk berbuat sesuatu bagi negeri.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang digembleng oleh berbagai cobaan dan rintangan sejarah untuk kemudian mampu membuktikan diri mumpuni mempertahankan dan melanjutkan kemerdekaan yang telah diperjuangkan,”ujar Hasto.

Menurut Hasto, masa krisis seharusnya menjadi pemicu bagi anak bangsa untuk bergotong royong mencari solusi bukan justru ribut sendiri-sendiri saling menyalahkan. (Eky/Katakota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.