Sambangi gereja HKBP tangerang kota, BIN edukasi pencegahan covid-19

15
Tim Velox BIN mengadakan sosialisasi dan edukasi terkait covid-19 di gereja HKBP Tangerang Kota/dit

Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan edukasi Covid-19 kepada jamaah Gereja HKBP Tangerang Kota yang berada di Jalan Melati Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, pada Rabu (21/10/2020).

Dalam edukasi disampaikan informasi terkait Covid-19 dimulai dari gejala klinis, penerapan 3 M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak hingga panduan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Perwakilan medis Tim Velox BIN dr Jares Clinton menjelaskan, terkait penggunaan masker bahwa saat ini jenis buff dan scuba telah dilarang sebab bahannya tipis dan hanya terdiri dari satu lapis saja.

Terdapat 3 jenis masker yang disarankan dalam mencegah Covid-19 yakni pertama masker kain yang terdiri dari 2-3 lapis, penggunaan masker kain dapat digunakan berulang kembali dengan persentase 50-70 persen mencegah droplet.

Kedua masker masker bedah terdiri dariĀ  2 atau 3 lapis dengan batas waktu pemakaian selama delapan jam serta digunakan sekali pakai. Lalu ketiga masker N95 yang memiliki efektifitas 95-100 persen dalam mencegah droplet.

“N95 biasanya dipakai tim medis yang kontak langsung dengan pasien Covid-19,” katanya.

Selain masker dr Jares menjelaskan, penggunaan Thermo gun dalam mendeteksi suhu tubuh seseorang.

Menurutnya Thermo gun akurat digunakan di tiga titik tubuh yakni dahi, telinga dan anus.

“Selain di tiga titik maka akan mempengaruhi keakuratan dalam mengukur suhu tubuh seseorang, sebab dimungkinkan sudah terkontaminasi dengan suhu di luar ruang ataupun lainnya,” ujar dia.

BIN lakukan penyemprotan disinfektan di Gereja HKBP Tangerang Kota/adit

Lanjutnya penggunaan thermo gun merupakan salah satu upaya dalam mencegah Covid-19 sebelum memasuki sarana umum.

“Pengukuran suhu sebagai pengecekan awal gejala demam dari Covid-19, ” ujarnya.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 Gereja HKBP Tangerang Kota, Jonggi Panangian menyambut baik kehadiran Tim Velox BIN dalam memberikan edukasi terkait Covid-19. Informasi yang diterima akan disampaikan kembali kepada jamaah Gereja lainnya.

“Kami memang perlu diedukasi karena selama ini juga jamaah banyak menerima informasi yang simpang siur atau hoax tentang Covid-19, edukasi dari BIN mempertegas kembali informasi Covid-19 yang benar,” ujarnya.

Salah satu informasi yang diperkuat dan diperjelas melalui edukasi yang diadakan oleh BIN terkait penggunaan Thermo gun.

“Sebelumnya ada jamaah yang datang ga mau penggunaan thermo gun di dahi karena memperoleh informasi yang tidak valid, sekarang sudah dipertegas kebenarannya jadi kalau yang ga patuh tak boleh masuk,” papar dia.

Selain memberikan edukasi terkait covid-19, Tim Velox BIN juga melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area Gereja. Kemudian juga pemberian bantuan berupa masker, hand sanitizer, dan alat semprot disinfektan elektrikĀ  kepada pengurus gereja HKBP Tangerang Kota.(Adit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.