Serba Serbi Kue Pancong, Kue Jadul Yang Tetep Hits

50
Kue pancong tetap hits hingga saat ini

Katakota.com, -Anak Jakarta pasti paham lah ya sama kue pancong. Banyak banget tongkrongan trotoar yang menjajakan kue pancong sebagai menu utamanya. Tapi taukah kalian kalau pembeda kue pancong satu dengan lainnya itu bukan hanya dari toppingnya? Langsung aja dah cek ulasan di bawah ini soal serba serbi kue pancong!

Kue pancong adalah kue tradisional dari jaman dulu yang kehits-annya gak pernah lekang oleh waktu 

emoticon-Ngakak (S). Bagaimana tidak, kue pancong ini bisa banget ngikutin perkembangan jaman. Dari pilihan tingkat kematangan yang udah 11 – 12 ama steak sampai pilihan topping kekinian yang mengikuti tren kids jaman now.

JENIS KUE PANCONG
Pancong Betawi : Nama lainnya Pancong Kelapa. Bntuknya seperti bulan sabit, berwarna putih, terbuat dari tepung beras dan santan. Biasanya di makan bersama gula pasir sehingga memiliki rasa gurih manis. Rasanya semacam kue rangin kalau di Jawa.
Pancong Sunda Betawi : jenis pancong inilah yang paling banyak ditemui di tongkrongan trotoar ibu kota. Bentuknya sebenarnya mirip namun makin ke sini bentuknya ada yang kotak, terbuat dari tepung terigu dan telur.

TINGKAT KEMATANGAN
Memangnya cuma makanan bule aja yang bisa request tingkat kematangan? Kamu pun berhak request tingkat kematangan kue pancong pesananmu sesuai selera. Namun memang tidak ada patokan sama antara satu abang dengan abang lainnya. Bisa ½ matang, ¾ matang, atau kalau kesukaan saya sih “dikit lagi matang seutuhnya” (oke ini tingkat kematangan suka – suka sendiri). Hanya saja kalau kamu pilih setengah matang, ada baiknya memperhatikan dulu apakah si abang dan tempat jualannya cukup bersih.

TOPPING MENGIKUTI ZAMAN
Walaupun kue pancong termasuk jajanan lawas. Namun topping yang ditawarkan sangat fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman. Kalau ane sih gak macem – macem, balik lagi ke meises atau malah polosan. Ya, ane emang kids zaman old banget.

BEBERAPA LOKASI KUE PANCONG JAKARTA
Buat ente yang bertanya – tanya, dimana tempat nongcong *nongkrong sambil mancong* yang cukup populer di jakarta. Berikut ane kasih sedikit bocorannya. Yang lain boleh banget nambahin dengan reply thread ane kok!

Kue Pancong Klender – Jalan Bulak Timur 1, Klender (tempat sederhana tapi rame banget)
Warung Pancong – Jalan Sulaiman No 10, Kebon Jeruk (idem, trotoar tapi rame tiada tara emoticon-Ngakak (S) )
Pancong Lava – Pancong kekinian di Margonda, kebanyakan pelanggan sih mahasiswa
Pancong Bro – Jalan Rawa Belong, Kemanggisan. Ini juga salah satu tempat makan pancong dengan style kekinian, dll.

Sumber: Kaskus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.