Tim Velox BIN Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di SMP Strada Tangerang

55
Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan edukasi adaptasi kebiasaan baru kepada siswa-siswi dan tenaga pengajar di SMP Strada Tangerang pada Jumat 19 Maret 2021

Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) kembali mendatangi Kota Tangerang, kali ini menyambangi SMP Strada Santa Maria 1 yang berada di Jalan Daan Mogot nomor 44 Kecamatan Tangerang, Jumat 19 Maret 2021.

Kehadiran Tim Velox dalam rangka memberikan edukasi adaptasi kebiasaan baru  kepada siswa dan tenaga pengajar.

Ketua Tim Velox BIN Nadeo Argawinata mengatakan, edukasi diberikan kepada siswa dan tenaga pengajar bertujuan memberikan pemahaman informasi sehingga mencegah berita negatif serta disinformasi tentang Covid-19 yang beredar di masyarakat.  Selain itu edukasi diberikan dalam rangka menyambut rencana pemerintah membuka kembali pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Harapannya guru dan siswa dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam beraktivitas serta menyampaikan kembali edukasi yang diterima kepada orang lain yakni keluarga, teman dan masyarakat,” ujar dia.

Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan bantuan berupa masker, hand sanitizer dan lainnya kepada SMP Strada Santa Maria 1 Tangerang

Perwakilan medis Tim Velox dr Jares Clinton mengatakan, penyebab angka kematian dan kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin tinggi disebabkan kurang paham dan disiplinnya masyarakat dalam menerapkan prokes.

“Saat ini 3M sudah bertambah menjadi 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lalu menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” papar dia.

Meskipun tidak mencegah seratus persen namun penerapan prokes dapat memutus mata rantai penularan Covid-19. Upaya ini akan mempercepat berakhirnya pandemi.

“Terapkan prokes sesering mungkin dalam aktivitas baik ke sekolah, ibadah ke Pasar, sekalipun ke warung dekat rumah tetap menerapkan prokes,” katanya.

Tenaga pengajar SMP Strada Santa Maria 1 Tangerang berfoto bersama usai mengikuti edukasi adaptasi kebiasaan baru yang diadakan oleh Tim Velox BIN pada Jumat 19 Maret 2021

Ia menambahkan,  terkait rencana dibukanya kembali sekolah tatap muka  diharapkan agar memperhatikan ruang kelas yang dipergunakan memiliki ventilasi udara yang baik.

“Tak ada larangan penggunaan pendingin udara asalkan jendela dan pintu dibiarkan tetap dibuka, jika tertutup semua, kita tidak mengetahui kalau ada di dalamnya terkonfirmasi positif ataupun orang tanpa gejala maka dapat menularkan ke yang lain,” ujarnya.

Ia menilai ventilasi udara di ruang kelas SMP Strada Tangerang sudah memenuhi syarat. “Sudah baik, tinggal dipertahankan,” tambahnya.

Pengawas jenjang SMP-SMK-SMA Perkumpulan Strada cabang Tangerang, Heribertus Erwin Dwi P mengapresiasi kedatangan TIM Velox BIN yang telah memberikan edukasi adaptasi kebiasaan baru kepada siswa dan tenaga pengajar.

“Sangat bagus karena ini edukasi langsung dari BIN yang turut membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya di sekolah kami melainkan juga diadakan ke sekolah lainnya,” ungkapnya.

Siswa-siswi SMP Strada Santa Maria 1 Tangerang berfoto bersama usai mengikuti edukasi adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan oleh Tim Velox Badan Intelijen Negara (BIN) pada Jumat 19 Maret 2021

Ia berharap  siswa dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari, kemudian juga dapat menjadi  influencer  memberikan informasi adaptasi kebiasaan baru kepada lingkungannya minimal ke keluarga dan masyarakat.

Lalu terkait rencana dibuka kembali sekolah tatap muka, pihaknya terus menyiapkan sarana dan prasarana sesuai standar yang disyaratkan oleh pemerintah.

“Kami selalu berbenah, bergerak cepat mendata standar yang harus dipenuhi, kita dukung upaya pemerintah dalam rencana sekolah tatap muka, kami dari sekolah dan yayasan siap mengadakan dan mendukung pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini,” pungkasnya. (adit)

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.