Waspada liburan Bisa Picu Penyakit Kronis

3
Foto : Istimewa

Katakota.com – Musim liburan biasanya dipergunakan orang untuk berjalan-jalan dan menikmati makanan yang ada di daerah lokasi wisata.

Namun siapa sangka, terlalu lama melakukan liburan justru dapat memicu timbulnya masalah kesehatan loh. Hal itu pun diungkapkan melalui penelitian terbaru dari University of Liverpool. Penelitian itu pun dengan melibatkan 28 responden.

Rupanya, masalah kesehatan itu timbul karena berkurangnya aktivitas fisik selama liburan. Pemeriksaan itu dilakukan sebanyak dua kali pada hari pertama dan hari terakhir percobaan selang waktu 14 hari atau 2 pekan. Hasilnya aktivitas responden berkurang sebanyak 80% dari 10.000 langkah perhari menjadi 1.500 langkah perhari.

Dari penelitian tersebut terlihat olahraga orang yang melakukan liburan berkurang dari 161 menit per hari menjadi hanya 36 menit per hari. Sementara waktu yang dihabiskan untuk duduk seharian selama 14 hari meningkat menjadi rata-rata 129 menit per hari. Hasil pemeriksaan pun menunjukkan bahwa terjadi penurunan massa otot dan peningkatan lemak tubuh total.

Dilansir dari Health, Sabtu (30/12), dari penelitian itu pun terlihat lemak di tubuh orang yang melakukan banyak liburan meningkat dan dapat menyebabkan penyakit kronis. Selain itu, jantung dan pari-paru menurun drastis sehingga tak sanggup berlari dengan intensitas yang sama seperti sebelumnya dan tak bisa selama sebelumnya. Responden juga mengalami peningkatan sensitivitas insulin yang berisiko diabetes.

 

 

Sumber :Brilio

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.