Asri dan Hijaunya Kampung Markisa di Pasar Baru Karawaci

53

Tangerang,Katakota.com- RW 02 Kelurahan Pasar Baru salah satu kawasan padat penduduk di jantung Kota Tangerang. Permukiman yang sebelumnya kumuh kini berubah menjadi hijau dan asri.

Memasuki gang HM Nur 2 di Jalan KS Tubun berukuran satu meter tampak cat warna warni menyambut. Pot tanaman disepanjang jalan memenuhi halaman rumah warga.

Masuk lebih kedalam kampung Markisa terdapat ruang terbuka yang dijadikan taman hijau. Bangku dari ban bekas disediakan untuk warga berinteraksi.

Warga RW 02 Kelurahan Pasar Baru menamakan permukimannya dengan Kampung Markisa. Usai mengikuti perlombaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) warga tidak berhenti menjaga dan merawat lingkungannya.

“Dinamakan Kampung Markisa karena banyak warga yang menanam pohon markisa,” kata Lurah Pasar Baru Yudi Pradana.

Menurutnya, kampung Markisa merupakan tindaklanjut dari kegiatan PHBS. Warga ingin menjadikannya sebagai destinasi wisata di Kota Tangerang.

“Gotong royong warga tidak hanya berhenti di PHBS tetapi lebih lanjut menjadikan kampungnya hijau asri dan layak dikunjungi,” ucap Yudi.

Warga RW 02 pun menggelar Gala dinner Kampung Markisa dalam rangka memperkenalkan Kampung Markisa sebagai Kampung wisata. Berbagai kegiatan akan disajikan kepada pengunjung.

“Konsepnya berbayar sebesar Rp 15 Ribu nantinya pengunjung dapat menukarkan tiket dengan satu jenis kuliner yang disediakan warga setempat,” ucapnya.

Selain tanaman markisa, terdapat lubang biopori dan tempat air bersih untuk mencuci tangan.

“Sungguh menjadi sebuah kampung yang luar biasa dan tinggal pengenmbangannya saja. seperti ada tour guide dan penunjuk arah,” kata Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar,  Rizal Ridholloh.(dit).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here