DPRD Minta Tingkatkan Pengawasan SPBU

4
Apel senin pagi sekda tegur pegawai yang tak disiplin,(adit/Katakota.com)

Tangerang, Katakota com– DPRD Kota Tangerang menghimbau Pemkot untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Upaya ini agar masyarakat tidak dirugikan dengan praktik kecurangan.

“Pengawasan melalui Dinas terkait harus terus ditingkatkan sebab lemahnya pengawasan bakal menjadi celah praktik kecurangan akibatnya masyarakat yang dirugikan,” ujar Ketua Komisi III, Riyanto.

Diketahui polisi beberapa waktu lalu mengungkap praktik kecurangan dua SPBU di Kabupaten dan Kota Tangsel.

“Jika diketahui dalam pengawasan terdapat SPBU yang nakal agar Pemkot menindak tegas,” pungkas politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Sebelumnya UPT Metrologi Kota Tangerang memperketat pengawasan SPBU di wilayah Kota Tangerang. Upaya tersebut setelah polisi mengungkap praktik kecurangan di dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Ciputat, Kota Tangerang Selatan dan Dadap, Kabupaten Tangerang beberapa waktu lalu.

Kepala Sub Bagian TU UPT Metrologi Kota Tangerang, Nurhidayati mengaku rutin melakukan tera ulang pada puluhan SPBU yang ada di Kota Tangerang.

“Dari hasil tera 56 SPBU yang kami lakukan selama ini memang belum ada tanda-tanda SPBU yang melakukan kecurangan, tapi kami tetap mewaspadainya,” ujarnya.

Ia menjelaskan sebelum ramai diberitakan tentang SPBU yang melakukan kecurangan UPT Metrologi sudah melakukan pengawasan rutin. Selain tera ulang yang dilakukan UPT Metrologi Kota Tangerang, Direktorat Metrologi juga turun bersama memeriksa beberapa SPBU di Kota Tangerang.

“Kami melakukan tera ulang satahun sekali, kalau Direktorat Metrologi hanya mengambil beberapa sempel saja. Jadi pemeriksaan kurang lebih satu tahun dua kali,” papar Nurhidayati .

Ditambahkannya, jika di Kota Tangerang ditemukan SPBU yang nakal, Nurhidayati bakal melakukan tindakan tegas.(dit)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here