Bukti Nusantara Kaya Akan Kulinernya Yang Nikmat, Berikut Ini Resep Olahan Daging Kurban

2
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang punya berbagai menu masakan super lezat dan menggugah selera.

Katakota.com, -Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban tinggal menghitung hari. Biasanya pada Hari Raya Idul Adha stok daging kambing atau sapi di rumah bakal melimpah. Udah kepikiran mau diolah jadi menu apa? Sate? Semur? Tongseng? Tengkleng? Nggak bosen dengan olahan yang gitu-gitu mulu?

Kamu bisa berkreasi dengan memadukan daging kambing dan sapi dengan salah satu olahan khas Nusantara lho. Seperti diketahui, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang punya berbagai menu masakan super lezat dan menggugah selera. Bahkan beberapa olahan khas Nusantara memiliki kelezatan yang sudah diakui dunia, sebut saja rendang dan nasi goreng.

Kamu bisa mencontek beberapa olahan khas dari berbagai daerah, seperti Solo, Surabaya, atau berkreasi dengan bumbu-bumbu kaya rempah seperti menu masakan khas Padang atau Manado. Cara membuatnya pun cukup mudah sehingga sangat menarik untuk diterapkan sebagai variasi hidangan di rumah dalam rangka menyambut Idul Adha.

Penasaran? Yuk langsung intip rangkuman resep olahan daging kurban yang disarikan dari berbagai sumber, Kamis (23/8) berikut ini:

1. Iga Kambing Petis.

foto: bango.co.id

Iga kambing biasanya diolah dengan dibakar, disemur, atau juga disup. Padahal kalau kamu mau berkreasi iga kambing bisa diolah jadi aneka menu makanan yang lezat. Iga Kambing Petis salah satunya. Rasa petis yang khas dengan perpaduan iga kambing dijamin bisa membuat lidah terus bergoyang dan membangkitkan selera makan. Sudah ngiler membayangkan menu Iga Kambing petis ini? Yuk langsung bikin sendiri aja.

Dimulai dari memotong iga kambing sesuai ruasnya. Lanjut dengan haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, kemiri, ketumbar, kencur, terasi, garam. Setelah itu rebus iga kambing hingga matang. Masukkan bumbu halus dan daun jeruk. Masak hingga iga empuk dan bumbu meresap. Tambahkan beras yang telah dihaluskan, petis, Kecap Manis Bango, dan gula merah. Aduk rata. Lanjutkan memasak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan selagi masih hangat. Sajian iga kambing petis ini bakal jadi momen makan bersama keluarga jadi lebih istimewa. Yuk langsung intip resep lengkapnya di sini.

2. Kambing Rica Cabai Hijau.

foto: bango.co.id

Suka menyantap makanan berbumbu pedas? Kamu bisa mengolah daging kambingmu dengan bumbu rica-rica. Eits, tak sembarang rica-rica, biar ada variasi coba bikin kambing rica cabai hijau aja. Olahan ini tak cuma lezat tapi juga nendang di lidah.

Cara membuatnya nggak ribet, kok. Siapkan 400 gram daging kambing. Potong lebih kurang 2×2 cm. Langkah selanjutnya, tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, cabai hijau besar, cabai hijau keriting, terasi. Setelah itu panaskan 3 sdm minyak goreng. Tumis bumbu tumbuk kasar, serai, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan daging kambing. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan garam, lada putih bubuk, gula pasir, dan Kecap Manis Bango. Aduk rata. Tuang air. Masak hingga meresap dan daging empuk. Kombinasi bumbu cabai hijaunya memberikan variasi cita rasa yang lezat. Untuk melihat resep selengkapnya, langsung cek di sini.

3. Sate Pentul Kambing.

foto: bango.co.id

Sate kambing memang jadi salah satu sajian populer Idul Adha. Berkali-kali menyantap menu yang sama tentu bakal jadi bosan bukan? Nah, buat kamu yang bosan dengan olahan sate kambing yang gitu-gitu doang, saatnya mencoba berkreasi dengan membuat sate pentul kambing nih.

Cara membuatnya, cincang halus daging kambing dan lemak kambing. Sisihkan. Setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk, lengkuas, jahe, serai, jintan, garam dan merica putih bubuk. Lalu aduk rata daging kambing, lemak kambing, bumbu halus, Kecap Manis Bango, santan kental dan air asam jawa dalam mangkuk. Jika sudah tercampur rata, ambil sedikit adonan. Lilitkan agak tebal di atas tusuk satai. Ulangi hingga adonan habis. Bakar di atas bara api hingga matang. Angkat. Sajikan segera.

Menu ini makin lezat kala disantap dengan lontong atau ketupat lho. Tak sabar ingin mencicipi lezatnya olahan sate ini? Yuk cek cara memasaknya di sini.

4. Kambing bakar madu.

foto: bango.co.id

Daging kambing juga enak dimasak jadi kambing bakar. Untuk menghasilkan rasa yang gurih, manis, dan lezat, kamu bisa mencoba olahan kambing bakar madu nih.

Sebelum memasak, haluskan bawang putih, jahe, ketumbar, garam, lada. Sisihkan. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu masukkan Kecap Manis Bango, lada, saus tomat, saus sambal, madu, dan iga kambing yang sudah dipotong. Tambahkan air lalu masak hingga lunak. Angkat. Bakar diatas teflon hingga matang sambil dioles dengan bumbu.

Perpaduan manisnya madu dan Kecap Manis Bango pasti menggugah selera. Resep lengkap olahan kambing bakar madu ini bisa kamu lihat di sini.

5. Tengkleng Klewer.

foto: bango.co.id

Tengkleng Klewer khas Solo ini bisa jadi pilihan menu olahan kambing pada Hari Raya Idul Adha nih. Kamu nggak harus jauh-jauh ke Solo demi menyantapnya. Cukup masak sendiri di rumah, yuk!

Langkah pertama, didihkan air didalam panci, rebus iga kambing yang sudah dipotong sesuai selera selama 3 menit atau hingga keluar busa-busa dan kotoran. Buang busa dan kotoran, angkat iga kambing dari panci dan sisihkan. Didihkan kembali air didalam panci, lakukan hal yang sama seperti diatas untuk usus, jeroan, telinga, lidah kambing. Sambil menunggu proses ini, kamu bisa menyiapkan bumbu halus. Cara membuatnya, haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, pala.

Setelah itu, panaskan minyak di dalam wajan, tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, batang serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, daun salam, kayu manis, cengkeh, santan, garam. Masak hingga harum. Masukkan iga kambing dan jeroan, aduk-aduk hingga terbalut bumbu merata. Tambahkan air matang jika perlu, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing hingga menjadi empuk. Tambahkan garam dan Kecap Manis Bango. Sajikan bersama irisan jeruk nipis dan bawang goreng.

Perpaduan bumbu rempah-rempah dan manisnya Kecap Bango bikin olahan satu ini menggoyang lidah. Kamu bisa langsung cek di sini.

6. Rendang Bola-bola kambing Padang.

foto: bango.co.id

Semua pasti setuju jika bumbu rendang memiliki cita rasa yang khas. Bahkan kelezatannya sudah diakui dunia. Rendang umumnya dimasak dengan daging sapi. Namun bukan berarti nggak bisa digantikan dengan daging kambing.

Nah, memanfaatkan lezatnya bumbu rendang khas Padang, kamu bisa berkreasi dengan menu yang tak biasa nih. Rendang Bola-bola Kambing Padang contohnya. Terdengar menggiurkan bukan? Yuk, langsung bikin sendiri di rumah.

Cara membuatnya, pertama ambil daging kambing yang sudah digiling. Bentuk bola-bola diameter 2 cm. Goreng setengah matang. Sisihkan. Haluskan kemiri, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, merica, garam. Sisihkan.

Setelah itu, rebus santan encer, Kecap Manis Bango, garam, gula, lengkuas, serai, daun kunyit, dan bumbu halus sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan bola bola sambil diaduk sampai empuk dan kuah kental. Tuang santan kental masak dengan api kecil sambil diaduk sampai berminyak.

Perpaduan bumbu rendang yang lezat dan kaya rempah dan bola-bola kambing dijamin bikin menggugah selera. Penasaran ingin langsung mempraktikkan resep ini? Yuk cek di sini.

7. Rica-rica kambing.

foto: bango.co.id

Rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara yang terkenal dengan cita rasa pedanya. Lazimnya, olahan ini menggunakan daging ayam. Namun mengolah daging kambing dengan bumbu ini juga bisa jadi menu yang nikmat lho. Langsung coba bikin sendiri, yuk!

Pertama siapkan bumbu halus yang terdiri dari, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam, terasi. Sisihkan. Selanjutnya, rebus daging kambing dengan 2 liter air, jahe, 2 lembar daun salam hingga lunak. Angkat lalu potong-potong, sisihkan. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk hingga harum lalu masukkan air asam, Kecap Manis Bango, gula pasir. Masukkan daging kambing, masak hingga meresap, tambahkan 500 ml air lalu masak hingga mengental dan daging lembut. Hidangkan dengan ditaburi bawang goreng.

Perpaduan daging kambing yang empuk dan lezatnya bumbu rica dijamin bikin ketagihan. Praktis, kan? Yuk langsung cek resep lengkapnya di sini.

8. Krengsengan Iga Sapi.

foto: bango.co.id

Krengsengan merupakan olahan yang memiliki perpaduan rasa pedas dan manis. Masakan ini umumnya dikenal di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Tak sabar menyantap daging sapi yang empuk dipadukan dengan bumbu khas yang gurih nan nikmat ini?

Langkah pertama, aduk rata iga sapi dan Kecap Manis Bango di dalam wadah. Diamkan selama 30 menit. Sambil menunggu iga sapi, siapkan bumbu halus yang terdiri cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, garam, merica putih bubuk.

Selanjutnya, panaskan minyak di atas api sedang. Tumis bumbu halus dan lengkuas hingga matang. Masukkan iga sapi, tumis hingga tidak berair. Tuangkan air, masak hingga iga empuk dan air berkurang setengahnya. Masukkan tomat dan cabai rawit. Masak sebentar. Angkat. Sajikan segera ditemani nasi putih.

Olahan ini cocok untuk disantap bersama keluarga di hari yang spesial seperti Idul Adha nih. Kamu bisa langsung cek di channel YouTube Bango Warisan Kuliner untuk cek resep lengkapnya.

Nah, itu tadi beberapa resep olahan daging yang bisa kamu coba agar momen makan bersama keluarga jadi lebih istimewa. Mengolah kambing maupun sapi menjadi menu yang lezat kini bukan lagi tantangan tersendiri bagi ibu di rumah. Soalnya ada Kecap Manis Bango yang selalu siap sedia melezatkan segala masakan. Terbuat dari bahan alami berkualitas seperti malika, gula kelapa, air, dan garam, ibu selalu bisa mengandalkan Kecap Manis Bango nih.

Nikmati manisnya #BerkahIdulAdha bersama Kecap Manis Bango. Kamu juga bisa cek di sini untuk melihat resep-resep lainnya dan juga tips untuk mengolah daging kurban #ManisnyaIdulAdhaBango.

Sumber  Brilio.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.