Cuti Bersama Lebaran Tidak Mengikat Swasta

18
Cuti Bersama Lebaran Tidak Mengikat Swasta,(adit/Katakota.com)

Tangerang, Katakota.com– Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang telah menerima surat edaran dari Kementerian Ketenaga Kerjaan (Kemenaker) RI yang ditembuskan ke provinsi selanjutnya ke kota kabupaten terkait pelaksanaan Cuti Bersama.

Terkait rencana penambahan cuti bersama yang saat ini masih dibahas pemerintah pusat tidak perlu terlalu di khawatirkan oleh pihak swasta.

“Kami langsung memberitahukannya melalui group HRD dan supervisor perusahaan se-Kota Tangerang,” ujar Kabid Hubungan Industri (HI) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang, Sri Suprapti.

Ia menjelaskan terdapat empat poin dalam surat yang didalam surat yang diedarkan yang sebelumnya sudah melalui pertimbangan surat menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan nomor S-160/M.ECON/V/2018. Poin pertama, cuti bersama adalah bagian dari cuti tahunan.

Cuti bersama bagi perusahaan juga bersifat fluktuatif atau bisa dipilih sesuai kesepakatan pihak perusahaan dan buruh dengan mempertimbangkan kondisi dan operasional perusahaan.

“Banyak perusahaan yang mesinnya tidak bisa di matikan, dan harus ada terget produksi karena ada pemesanan serta berbagai faktor lainnya, itu mungkin yang menjadi pertimbangan aturan itu,” ungkap Sri.

Ia melanjutkan, bagi pekerja yang mengambil cuti bersama lebaran, maka hak atas cuti tahunan yang diambilnya memgurangi hak cuti tahunan yang ada.

“Untuk pekerja yang tetap masuk pada waktu cuti bersama tidak akan memgurangi hak cuti tahunannya,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya surat edaran itu perusahaan dan pekerja bisa sama-sama membahas bagaimana pelaksanaan cuti bersama sesuai apa yang tercantum.

“Kami harap baik perusahaan maupun pekerja bisa sama-sama menjalankan tanggung jawab dan haknya, tentu sesuai dengan surat edaran yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Banten Maman mengatakan, pihaknya akan membuka posko pengaduan di sekretariatnya untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan perusahaan menjelang Lebaran.

“Masalah pencairan THR, masalah cuti karyawan, dan berbagai hal lainnya,” paparnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.