Kemenag Keluarkan Surat Edaran Pengamanan Masjid dan Mushala

9
Kemenag keluarkan surat edaran untuk masjid dan mushola sebagai pengamanan

Jakarta, Katakota.com — Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Pengamanan Masjid dan Mushala. Langkah ini menyusul maraknya kasus tindak kekerasan terhadap pemuka agama.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin meminta masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan bersama terhadap kejadian tersebut. “Surat edaran untuk pengelola masjid atau mushala bertujuan semata-mata agar mereka lebih meningkatkan kewaspadaannya dalam menjaga keamanan rumah ibadah, para pemuka agama, dan umat beragama, khususnya saat melaksanakan kegiatan keagamaan, ujarnya di Jakarta, Jumat (2/3).

Surat tersebut diteken oleh pada 19 Februari 2018 dan ditujukan kepada pengurus Masjid dan Mushala. Namun, ia menepis jika surat edaran dikeluarkan saat menjelang pesta demokrasi sekarang ini.

“Tidak ada kaitannya dengan Pilkada,”ucapnya.

Dalam SE Nomor: B.829/DJ.III/HM.00/02/2018 itu Kemenag meminta pengurus Mushala dan Masjid untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat dengan melibatkan unsur RT/RW, Lurah, Camat, dan Kepolisian dalam upaya peningkatan pengamanan rumah ibadah tersebut.

Selain itu, Kemenag meminta petugas keamanan masjid dan musholla mewaspadai setiap jamaah yang tidak dikenal dan atau mencurigakan dengan bertegur sapa kepada yang bersangkutan.

“Agar saudara meningkatkan kemakmuran masjid dan mushola dengan melibatkan seluruh pengurus, remaja masjid, dan tokoh masyarakat,” ucapnya.

Nantinya pengurus masjid dan mushola diminta melaporkan perkembangan situasi kemanan dan setiap kejadian gangguan kemanan kepada pihak kepolisian.

Sumber     : Republika

Uploader  : Cecep R./Qy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.