Pemkot Tangerang data UMKM penerima bantuan pemulihan ekonomi

87
Walikota Tangerang saat kegiatan Tangerang Expo beberapa waktu lalu /ris

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) melakukan pendataan pelaku usaha yang tersebar di 13 kecamatan melalui aplikasi Sidata.  Sebanyak 40.307 jenis UKM yang telah terdata diserahkan kepada Kementrian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan bantuan mengenai pemulihan ekonomi.

 

Kabid UKM pada Disperindagkop-UKM, Katrina Iswandari mengatakan, sampai saat ini pendataan menggunakan aplikasi Sidata terus berlangsung Pihaknya telah menyetorkan kepada Kementrian sebanyak 49 ribu UKM. Adapun jenis UKM tersebut adalah industri pangan, konveksi, kelontongan, jasa, salon, Pedagang Kaki Lima dengan omset dibawah 300 juta.

“Setelah disampaikan lalu kementrian yang menentukan UKM tersebut mendapat bantuannya, bukan dari Dinas terkait. Termasuk juga sistem pencairan dari kementrian langsung kepada pelaku UKM,” ujarnya.

Lanjutnya, pandemi telah membuat sektor UKM terdampak dari sektor pendapatan maupun produksi yang berkurang.

“Dengan adanya program pemulihan ekonomi dari pemerintah pusat harapannya bisa meningkatkan ekonomi UKM,” kata dia.

Pihaknya juga mendorong kepada pelaku UKM bisa menyerap tenaga kerja dalam membuka lapangan kerja untuk mengatasi pengangguran yang ada.

“Dalam proses pendataan ini kita lakukan pendampingan juga dalam menjaga stabilitas ditengah pandemi dengan harapan produksi tetap berjalan,” katanya.(did)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.