Selamat! Indonesia Jadi Negara Paling Murah Hati di Dunia

16
Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta (Foto:Flickr / dwi kuntoro aji)

Katakota.com, -Tahukah kamu, kalau Indonesia menyandang status sebagai negara paling murah hati di dunia? Predikat ini berasal dari survei dan penelitian yang dilakukan oleh CAF (Charities Aid Foundation).

Survei dan penelitian yang CAF lakukan dengan menggunakan data Gallup, sebuah perusahaan riset asal Amerika Serikat menghasilkan sebuah data berjudul CAF: World Giving Index 2018. CAF sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit asal Inggris yang bergerak di bidang amal.

Hasil survei dalam CAF: World Giving Index 2018 menunjukkan bahwa Indonesia memegang predikat pertama dari 146 negara sebagai negara paling murah hati. Ranking tahun 2018 merupakan kali pertama bagi Indonesia berada di puncak tertinggi dalam rating negara murah hati. Sebelumnya di tahun 2017, Indonesia berada di posisi kedua.

Umat Hindu di Desa Penglipuran saat Galungan. (Foto:REUTERS/Nyimas Laula)

Dengan menggunakan sampel sebanyak 150 ribu orang dari 146 negara, maka CAF mendapatkan hasil bahwa Indonesia menjadi negara paling murah hati nomor satu di dunia. Kemudian di posisi kedua Bumi Pertiwi disusul oleh Negeri Kanguru, Australia.

Myanmar yang selama ini berada di posisi pertama sejak tahun 2014, tahun ini mesti merelakan dirinya turun ke posisi sembilan. Sedangkan Selandia Baru memegang posisi kedua.

Dari 146 negara yang diteliti CAF, Singapura dan Haiti adalah dua negara yang berhasil menembus peringkat 20 besar. Singapura yang tadinya berada di posisi ke-64 pada lima tahun lalu melesat naik menjadi posisi ke-7 di tahun 2018.

Kabarnya, 75 persen spesies ikan di dunia dan karang bisa ditemukan di sini. Pantas saja, Raja Ampat, begitu dicintai penyelam dunia. (Foto:dok : Flickr / Michael Rubenstein)

Survei yang dilakukan selama lima tahun sejak 2013 hingga 2017 ini menganalisa tiga aspek. Yaitu inisiatif membantu orang yang tidak dikenal, mendonasikan uang untuk kegiatan amal, dan yang terakhir adalah menjadi sukarelawan.

Dari ketiga aspek tersebut ditemukan bahwa 78 persen orang Indonesia senang mendonasikan hartanya pada orang lain. Selain itu sebanyak 53 persen penduduk Indonesia suka melakukan kegiatan volunteer atau menjadi relawan.

Bagaimana, makin bangga, kan jadi orang Indonesia?

Sumber : Kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.