Wisuda UPH TC dan ITC 2019 : Terjunkan 367 Guru ke Seluruh Dunia

1111
lebaran

Tangerang, Katakota.com — Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan Wisuda untuk 367 guru lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Winisluda yang dilantik terdiri dari 327 winisuda Teachers College (TC) dan 40 winisuda International Teachers College (ITC) yang berasal dari 11 negara berbeda.

Menariknya, bagi lulusan TC dan ITC UPH, wisuda bukanlah akhir dari perjalanan mereka bersama Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH). Setiap wisudawan akan dikirim dan ditugaskan menjadi guru di sekolah-sekolah di bawah YPPH serta beberapa sekolah kerjasama lainnya. Seluruh ilmu yang sudah mereka emban selama 4 tahun akan langsung diterapkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, maupun di seluruh dunia.

Para lulusan akan disebar di sekolah-sekolah dari Sabang sampai Merauke, serta sekolah-sekolah di luar negeri, seperti di Kamboja, Kenya, dan lain-lain. Rektor UPH, Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc, mengirim para winisuda dengan pesan yang hangat.

“Saya yakin bahwa Pendidikan guru di UPH adalah Pendidikan sistemik. Disini kita dapat membentuk sumber daya manusia yang selain memiliki kualitas, juga memiliki iman yang kuat,” paparnya.

Dr. Sheldon Nord, Ph.D, Presiden Corban University yang bekerja sama dengan TC dan ITC UPH, turut hadir menyaksikan sekaligus melantik para lulusan dan memberikan gelar B.Ed. (Bachellor of Education) dari Corban University USA.

Dalam pesannya kepada para lulusan, Sheldon menekankan tiga hal yang penting bagi para winisuda.
“Pertama, jaga hati kalian. Hati adalah hal yang paling sentral dan mendasar dalam hidup. Saat tidak ada orang lain yang melihat, pastikan kalian tetap menjadi seorang yang berintegritas. Kedua, selalu berusaha menjadi yang terbaik. Tuhan sangat mengapresiasi usaha setiap anak-Nya yang berusaha menjadi yang terbaik yang mereka bisa. Ketiga, selalu ikuti Tuhan. Tuhan adalah Jalan, Kebenaran, dan Hidup. Tanpa Tuhan, semua cita-cita kalian akan menjadi sia-sia,” tutupnya.

Dalam wisuda kali ini Dr. (HC) James Riady, Founder of UPH juga turut hadir dan mengapresiasi bagaimana proses pembelajaran yang sudah dilalui para lulusan. Menurut James pemberlajaran di TC dan ITC UPH sangatlah ketat, karena selain dituntut untuk memiliki kompetensi yang baik secara akademik. Semua mahasiswa juga harus memiliki kehidupan spiritual yang baik serta kemampuan beradaptasi yang tinggi. Karena itu, dia memberikan apresiasi mendalam bagi semua yang berhasil mencapai garis akhir ini.

Dengan wisuda kali ini Connie Rasilim, S.S, B.Ed, M.Pd., Dekan Teachers College UPH, mengingatkan kembali agar para winisuda mengetahui jati dirinya, agar siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0, dimana aksesbilitas sangat tinggi akan kemudahan teknologi dan digitalisasi sangatlah kuat.

“Dengan adanya perkembangan dunia pendidikan dan tren saat ini, tantangan yang sangat mencuat adalah mengenai aksesibilitas terhadap yang dunia tawarkan. Digitalisasi, akses teknologi, dan bagaimana Indonesia telah mencanangkan Revolusi Industri 4.0, membuat kita semua harus berperan serta di dalamnya. Namun di saat bersamaan, ini juga tantangan signifikan. Kemudahan ini harus dibarengi dengan kesiapan winisuda dalam memahami jati diri mereka. Jika mereka tidak siap dengan jati diri mereka, mereka akan mudah tergerus dunia,” ungkapnya.

Namun, Connie yakin bahwa pembelajaran di Teachers College sudah membentuk lulusan untuk mengenal jati diri dan juga sudah diperlengkapi dengan teologi solid melalui Biblical Christian Worldview berdasarkan Reformed Theological Framework. TC dan ITC UPH juga memiliki pendidikan standar internasional, yang diwujudkan dari kerjasama dengan Corban University USA.

Wisuda ini dihadiri keluarga dan kerabat winisuda dari berbagai daerah dan beberapa datang dari luar negeri. Para winisuda akan mulai melayani di daerah masing-masing mulai Juli 2019 – mengembalikan semua yang telah dipelajari dan diemban selama ini kepada masyarakat dan kepada Tuhan.

Hingga saat ini total alumni TC sejak angkatan pertama hingga angkatan 2015 yang diwisuda kali ini sudah mencapai 2.060 alumni. Para lulusan telah bertugas mengajar di sekolah-sekolah di bawah naungan YPPH (Yayasan Pendidikan Pelita Harapan) yang berada hampir di seluruh daerah Indonesia.

Penulis : Roy Maulana
Editor : Eky Fajrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.