Arief-Sachrudin Siap Ikuti Debat Publik

61

Tangerang, Katakota.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan menggelar debat publik publik untuk paslon walikota/wakil walikota Tangerang pada Jumat (13/4). Debat publik akan ditayangkan di stasiun Jak TV secara langsung dari Days Hotel, Kecamatan Neglasari pada pukul 20.00-21.30 WIB.

Untuk itu, Selasa (10/04), KPU-Tim Pemenangan Paslon Arief-Sachrudin menggelar persiapan teknis debat di Gedung KPU. Selain komisioner KPU Kota Tangerang, hadir Ketua Tim Pemenangan paslon, Asep Ferry Bastian dan sejumlah timses dan relawan.

Asep mengatakan, pada prinsipnya pasangan Arief-Sachrudin sudah siap melaksanakan debat. “Dari pihak kita siap saja mengikuti debat yang akan dilaksanakan nanti,” ujar Asep ditemui usai rapat dengan KPU, kemarin siang. Namun Asep juga menjelaskan, karena calon walikota-wakil walikota yang akan mengikuti debat hanya satu paslon, maka konsepnya agak berbeda dibanding dengan jumlah paslon yang lebih dari satu.  “Isinya lebih kepada pendalaman visi-misi Pak Arief-Sachrudin, nanti akan ada panelis yang bertanya kepada paslon,” ucapnya.

Selain itu, ujarnya total peserta yang diperbolehkan ikut dalam debat ini adalah 200. “Kita mendapatkan alokasi 45 persen, mungkin sekitar 90-an orang lah, itu selain kandidat juga ada keluarga paslon, tim kampanye, parpol dan tim pendukung,” ucapnya.

Senada, Komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul mengatakan, sesuai dengan Peraturan KPU No.14/2015 maka debat publik bagi paslon tunggal akan diadakan dengan pemaparan visi-misi dan pendalaman.

“Teknisnya paslon diminta menyampaikan visi misi kemudian lima orang panelis akan bertanya dalam sesi tanya jawab,” ucapnya. Adapun panelis merupakan individu-individu yang mewakili beragam kalangan, mulai dari profesional, akademisi, tokoh masyarakat.

“Masing-masing sesuai dengan bidangnya. Ada yang bidang politik, bidang ekonomi, komunikasi maupun bidang lain,” ucapnya. Disinggung soal nama-nama panelis, menurut Banani saat ini pihaknya tidak bisa menyampaikan. “Nama-namanya sudah ada, tetapi bukan untuk dipublikasikan, ada pun untuk hostnya itu Ratna Dumila,” ujarnya.

Selain di Jak TV, debat publik calon walikota-wakil walikota nantinya juga akan diselenggarakan di I-News pada tanggal 23 April. Sedangkan pada 6 Juni akan dilaksanakan di Metro TV.

“Polanya tetap sama, tetapi soal kemasan kita serahkan kepada masing-masing stasiun TV yang bersangkutan,” ujarnya. Disinggung soal penunjukan ketiga stasiun TV tersebut, menurut Banani adalah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan pihaknya.

“Ini sudah sesuai dengan kriteria, ada tv nasiona, tv lokal juga yang kita ambil,” tukasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.