Bandara Pondok Cabe  Bersiap Jadi Bandara Komersil

15
pondok cabe, bandara pondok cabe, bandara pertamina
Foto : http://photos.wikimapia.org/

Tangerang, KataKota.com – Seiring terus semakin meningkatnya penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara di Bandar udara (bandara) Soekarno Hatta, kepadatan lalu lintas udara dan jumlah penumpang tidak dapat dihindari. Kehadiran bandara baru sepatutnya menjadi jalan keluar bagi transportasi udara yang kini semakin popular.

Bandara Pondok Cabe menjadi salah satu pilihan, belum lama ini maskapai Garuda Indonesia telah bekerjasama untuk mendapatkan jadwal penerbangan dari bandara yang berlokasi di Tangerang Selatan ini. Pertamina selalu pemilik badara itu, melalui anak usahanya yakni PT Pelita Air Services, sudah menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar.
Menanggapi hal ini, Direktur Utama Pelita Air Services Rifky E. Hardijanto berharap sertifikasi Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan komersil bisa rampung pada Januari 2016. Bila itu tercapai, maka pengoperasian bandara milik Pertamina itu bisa dilakukan pada Februari 2015.

“Kita harapkan sertifikasi bisa tuntas pada Januari karena gini ya persolan perizinan kan ada di pemerintah yakni Kemenhub,” ujar Rifky E. Hardijanto, di Jakarta, Rabu (2/12/2015).
Saat ini, Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tengah mempersiapkan diri menjadi bandara komersil.  Dari anggaran yang telah di siapkan, Rifky mengatakan, Pertama, akan membangun pagar baru. “Kan pagar lama sudah hancur tuh. (Dengan perbaikan) bandara bisa lebih aman,” ujar Plt Direktur Utama Pelita Air Services Rifky E. Hardijanto .

Selanjutnya kata dia, dana yang disiapkan juga akan digunakan untuk melakukan pengaspalan ulang (overlay) runway bandara, luas area Bandara Pondok Cabe sendiri mencapai 170 hektar terdiri dari 116 hektar luas lahan bandara dan 54 hektar lahan lapangan golf.

“Kemudian pemasangan lampu-lampu navigasi. Persiapan alat-alat navigasi di tower kontrol. Kemudian infrastuktur supporting yang lain seperti genset,” kata Rifki.

Adapun daya tampungnya diperkirakan mampu mencapai 600.000 penumpang per tahun.
 

Penulis : Eky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.