Dindik dan Kominfo Siap Gelar PPDB Online

13
Dindik dan Kominfo Siap Gelar PPDB Online,(Katakota.com/adit)
lebaran

Tangerang, Katakota.com– Dinas Pendidikan (Disdik) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang menyatakan kesiapannya jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMP Kota Tangerang tahun ajaran 2018/2019 yang akan dibuka pada 2 Juli mendatang.

Kepala Dindik Kota Tangerang, Aduh Surahman menyatakan persiapan PPDB online sudah optimal dan hampir tidak ada perbaikan pada saat simulasi.

“Persiapan kita sudah optimal bersama Diskominfo pada segi sistem. Sedangkan Dindik pada sisi pemberitahuan pada orangtua murid sudah disampaikan melalui mekanisme kedinasan, baik dari UPT ke Kepsek dan Kepsek ke orangtua murid kelas 6,” ujar Abduh.

Namun demikian, Abduh mengkhawatirkan pasokan listrik pada saat pelaksanaan PPDB yang akan dibuka pada 2 Juli untuk jalur prestasi dan 3,4 dan 5 Juli untuk jalur umum.

“Untuk simulasi kemarin itu perbaikan hampir tidak ada, tidak terlalu prinsip. Artinya, kita tidak temukan kendala yang akan menghambat dan mudah-mudahan lancar semuanya. Yang dikhawatirkan hanya pasokan listrik, karena dari sisi sistem kita dari tahun lalu sudah teruji tak ada persoalan,” ucapnya.

Abduh mengatakan kapasitas server PPDB siap untuk menampung 32 ribu siswa secara serentak. Sebagai antisipasi, sambungnya, Dindik telah melakukan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Estimasi kita 32 ribu, dan apabila online pada saat bersamaan kelihatannya siap untuk menampung 32 ribu secara serentak. Sistem, programmer serta server yang ada ini setidaknya dapat mengakomodir,” paparnya.

Orangtua siswa, lanjut Abduh, biasanya sudah siap online sejak pukul 12 malam karena tak ingin terganggu dan berharap jaringannya lancar.

“Tetapi dari pengalaman sebelumnya itu rata-rata siang dan sistemnya dapat diakses baik menggunakan komputer ataupun ponsel itu lancar tak ada kendala. Kita juga buka posko pengaduan setiap hari di Dindik. Sekolah juga siap menampung pengaduan karena setiap sekolah negeri itu buka posko,” tukasnya.

Sementara Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Tabrani mengatakan, Diskominfo siap melaksanakan sistem aplikasi PPDB online berdasarkan petunjuk teknis (juknis) Dindik.

“Prosesnya setelah beberapa kali ujicoba sudah siap. Ada enam server di gedung cyber dan kita siapkan lima back up di Kominfo untuk mengantisipasi apabila ada kendala. Operator sistemnya ada pada kami, tetapi juknisnya merupakan kewenangan Dindik,” ujar Tabrani, Jumat (29/6).

Apabila terjadi kendala pada saat pelaksanaan PPDB online, Tabrani mengimbau masyarakat untuk segera melapor ke Diskominfo karena di laman web PPDB terdapat helpdesk.

“Kami tidak mau dibandingkan dengan PPDB SMA/SMK yang mengalami gangguan server pada hari pertama. Akan tetapi, persoalan sistem tentu saja ada karena di Kota sudah beberapa kali melakukan PPDB online. Hanya gangguan teknis ringan saja,” tuturnya.

Kesiapan PPDB, Kata Tabrani, sudah mencapai 95 persen. Simulasi PPDB online juga telah dilakukan pihaknya. “Kalau berbicara kesiapan hanya 5 persen lagi, yaitu pelaksanaan. Pada saat simulasi ada masyarakat yang menanyakan soal login hingga cara mengisi data, mudah-mudahan tidak ada kendala sistem atau server,” tukasnya.(dit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.