DPRD Kota Tangerang Usulkan Raperda Pendidikan Pancasila dan Pesantren

10

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengungkapkan akan mengusulkan dua rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif dalam rangka mencegah insiden tawuran antar pelajar yang belakangan ini sedang marak.

“Tindakan kriminal yang hari ini tren di anak-anak muda akhirnya mendorong kita untuk mengusulkan pembahasan raperda insiatif tentang pendidikan Pancasila wawasan kewarganegaraan dan pendidikan pesantren,” ujarnya dalam acara Ngopi Item yang diinisiasi Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Raya (WHTR) di TangCity Mal, Jumat 9 April 2022.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, dirinya telah menyampaikan kepada Sekretariat DPRD Kota Tangerang bahwa dua usulan raperda inisiatif dijadikan sebagai skala prioritas.

“Ini kan baru ide awal dari DPRD. Terkait usulan bisa lebih cepat prosesnya,” katanya.

Bahkan, naskah akademik tersebut kedua raperda ini didorong untuk selesai tahun ini. “Karena memang kondisinya sangat urgent,” kata dia.

Melalui dua produk hukum yang akan dilahirkan ini Gatot mengharapkan bisa memberikan solusi atas pencegahan maraknya aksi tawuran antar pelajar.

Politisi PDI-Perjuangan ini menuturkan untuk usulan raperda inisiatif tentang pendidikan Pancasila wawasan kewarganegaraan bisa mengembalikan nilai jati diri dan gotong royong pelajar.

“Pak Kapolres menyampaikan ketika acara pemusnahan miras, tawurannya bukan hanya anak STM, tapi ini anak MTs dgn MTs memakan korban kan luar biasa. Jujur saya kaget anak Mts tawuran dan bisa mengakibatkan korban jiwa. Dan harus menjadi catatan penting,” ungkapnya.

Sedangkan usulan raperda inisiatif tentang penyelenggaraan pendidikan pesantren juga diharapkan bisa berperan penting dalam meningkatkan ajaran keagamaan pada pelajar.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.